2013/10/15

Kunjungan ke Kampung Sindangbarang, Bogor

Saya berangkat ke sekolah pada pukul 06.15. Setelah menunggu selama 15 menit, akhirnya para siswa berkumpul untuk berdoa agar perjalanan kami dapat berjalan dengan baik. Tujuan Field Trip kali ini adalah Kampung Budaya Sindangbarang yang tepatnya terletak di kota Bogor.

Kami berangkat menuju Kampung Budaya pada pukul 7.30. Sekolah kami menggunakan bis Big Bird yang cukup nyaman. Kami satu bus dengan murid - murid kelas XII IPA
[Yoga&Anita]

Tidak hanya naik bus, sesampainya di kota Bogor, kami menaiki salah satu dari 25 angkot yang sudah disediakan oleh sekolah.
[Di angkot]

Setelah sampai ke tujuan, kami disambut dengan kesenian Angklung Gubrag.Lalu kami berkumpul di sebuah tempat istirahat untuk menyantap snack tradisional seperti ubi rebus, pisang rebus, jagung rebus,  dan bandreg.

Lalu kami melaksanakan kegiatan kegiatan seperti membatik, tari jaipong, pencak silat, menumbuk dan menanam padi, permainan tradisional szeperti bakiak dan engrang.

Pertama - tama kami diajak untuk membatik yang ternyata sangat susah.

Setelah membatik, para siswi mengikuti tari jaipong sementara para siswa mengikuti pencak silat.

Setelah itu kami memainkan permainan tradisional sementara SMA melakukan tracking ke peninggalan Kerajaan Pajajaran. Permainan tradisional juga diikuti oleh para guru, inilah beberapa contoh permainan yang diikuti guru yang dilakukan oleh Ms.Trismi , Sir.Fardi dan Ms.Nitya

Para murid, tentu saja ikut memainkan permainan tradisional yang menyenangkan ini. Guru-guru pun ikut berpartisipasi dengan mengikuti permainan-permainan ini.
 Setelah itu kami menyantap makan siang tradisional ala Bogor yang ternyata sangat lezat.Lalu kami main kartu sampai kami diajak untuk menangkap ikan. Dan karena lumpur yang banyak kami harus mengganti baju. Hasil tangkapan dibawa pulang. Kami juga diajak untuk menanam padi.
[Pemandu kami mengajari cara menanam padi yang benar]

Sambil menunggu, saya dan teman - teman yang bosan memainkan musik gamelan. Walaupun itu pertama kalinya, ternyata musik yang kami hasilkan terdengar nyaring.
[Yoga&Sean memainkan alat musik tradisional]

Pada akhir acara kami berkumpul dan menyaksikan tari Jaipong setelah itu kami kembali ke angkot dan menuju Botani Square menggunakan bis. Padahal saya senang karena dapat menghirup udara segar jauh dari hiruk pikuk kota Jakarta dan menikmati pemandangan.

Di Botani Square, teman-teman saya menikmati waktu mereka berjalan-jalan, sedangkan saya hanya berdiam diri di bus karna merasa kurang enak badan. Setelah itu kami pulang ke Jakarta sambil menikmati makan malam KFC. Kami sampai di sekolah sekitar pukul 20.00 , itulah pertama kalinya saya di Kampung Budaya Sindangbarang. Mungkin di lain waktu saya akan berkunjung lagi karena udara pedesaan yang menyengarkan paru-paru yang sudah terlalu banyak menghirup polusi..